Thursday, January 11, 2018

Penjelasan Isi Control Panel, Device Manager, Remote Settings, System Protection, Advanced System Settings

Hai Sobat kali ini saya akan mengulas sedikit tentang isi dari Control Panel. Control Panel yang saya gunakan berada pada laptop, perlu diketahui bahwa setiap perangkat ataupun sistem operasi mempunyai Control Panel yang berbeda , tetapi secara garis besar adalah sama, tidak perlu panjang lebar, silahkan simak artikel dibawah ini:

1.     Device Manager

a.      Pengertian dan Kegunaan Device Manager Windows
Device Manager dalam Windows adalah perluasan dari Microsoft Management Console. Device Manager menampilkan seluruh hardware yang bisa di-inisialisasi (dikenali) oleh Windows. Tampilannya sudah ter-organisir (dikelompokkan) sedemikian rupa sehingga akan memudahkan pengelolaan setiap hardware yang ada.

b.      Beberapa fungsi Device Manager antara lain adalah :
                                                            1.      Menunjukkan status suatu hardware
                                                            2.      Menunjukkan informasi detil suatu hardware
                                                            3.      Mengelola driver hardware
                                                            4.      Disable & Enable hardware
                                                            5.      Meng-identifikasi konflik antar hardware, dll.
                                                            6.      Device Manager paling sering digunakan untuk pengelolaan driver suatu hardware. Misalnya instalasi driver, uninstal driver, update driver, rollback driver, dan bermacam problem yang berkaitan dengan driver suatu hardware. 

c.       Menu-menu Device Manager yaitu :
                                                            1.      Audio Input And Output
Input device pada computer mempunyai fungsi memberikan masukan perintah kepada memori dan processor sebuah computer untuk di olah sehingga menghasilkan data dan informasi yang kita perlukan. Pada awalnya sebuah keyboard menjadi satu satunya input device yang sangat penting bagi perangkat komputer. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia akan kegunaan pc ,maka di buat input device lain untuk mendukungnya.
Macam macamnya adalah :
a.      Keyboard
b.      Mouse
c.       Trackball
d.      Scanner
e.       Joystick
f.       Digital camera

Output device adalah perangkat yang digunakan untuk menghasilkan keluaran dari suatu proses yang dilakukan oleh sebuah komputer. Hasil keluaran dari proses tersebut bias berupa tampilan  pada layar monitor, berupa file dokumen yang bias dicetak, lagu yang bisa di dengarkan. Saya akan memberikan beberapa perangkat yang termasuk output device.
Macam macamnya adalah :
a.      Monitor
b.      Plotter
c.       Printer
d.      Disc
e.       Speaker
f.       Proyektor

                                                            2.      Batteries
Bagi pengguna laptop/komputer dengan sistem operasi Windows 7, cepat atau lambat pasti akan mendapatkan notifikasi “consider replacing your battery” disertai dengan munculnya tanda silang merah di ikon baterai yang ada di system tray. Notifikasi yang muncul ketika Windows 7 “menganggap” baterai laptop sudah saatnya diganti.

                                                            3.      Computer
Sebuah komputer tujuan umum memiliki empat komponen utama : Unit logika aritmatika (ALU),  unit kontrol (CU)  memori , dan perangkat input dan output (secara kolektif dinamakan I / O). Bagian ini dihubungkan oleh bus , sering dibuat dari kelompok kabel . Di dalam masing-masing bagian ribuan triliunan kecil sirkuit listrik yang dapat dimatikan atau dengan cara dari sebuah saklar elektronik . Sirkuit masing-masing mewakili bit (digit biner) dari informasi sehingga ketika sirkuit pada itu merupakan “1”, dan ketika dari itu merupakan “0” (dalam representasi logika positif). Rangkaian tersebut diatur dalam gerbang logika sehingga satu atau lebih dari sirkuit dapat mengontrol keadaan satu atau lebih dari sirkuit lainnya.
Unit kontrol, ALU, register, dan dasar I / O (dan sering perangkat keras lainnya terkait erat dengan) secara kolektif dikenal sebagai central processing unit (CPU). CPU terdiri dari awal banyak komponen yang terpisah tetapi sejak pertengahan 1970-an CPU biasanya telah dibangun pada satu sirkuit terpadu yang disebut mikroprosesor.

                                                            4.      Disk Drives
Disk drives adalah major secondary-storage I/O device pada kebanyakan komputer. Permintaan untuk disk I/O digenerate oleh sistem file dan sistem virtual memori. Setiap permintaan menspesifikasikan alamat pada disk untuk dapat direferensikan pada form di logical block number.Kinerja dapat rusak karena external fragmentation. Satu cara untuk menyusun ulang disk untuk mengurangi fragmentasi adalah untuk back up dan restore seluruh disk atau partisi. Blok-blok dibaca dari lokasi yang tersebar, me-restore tulisan mereka secara berbeda. Beberapa sistem mempunyai kemampuan untuk men-scan sistem file untuk mengidentifikasi file terfragmentasi, lalu menggerakan blok-blok mengelilingi untuk meningkatkan fragmentasi. Men-defragmentasi file yang sudah di fragmentasi (tetapi hasilnya kurang optimal) dapat secara signifikan meningkatkan kinerja, tetapi sistem ini secara umum kurang berguna selama proses defragmentasi sedang berjalan.

                                                            5.      Display Adapters
Salah satu kartu yang terpasang pada slot ekspansi adalah Display Controller/Adapter. Kartu inilah yang memungkinkan komputer dapat menampilkan data ke layar monitor. Display Adapter hingga saat ini telah  mengalami banyak sekali perkembangan dan perubahan, mulai dari MDA (Monocrome Display Adapter) untuk monitor teks monokrom, kemudian CGA (Color Graphics Adapter) untuk monitor teks berwarna yang dilanjutkan dengan EGA (Enhanced Graphics Adapter) dan versi terakhir adalah VGA (Video Graphics Adapter) atau disebut VGA Card serta SVGA (Super Video Graphics Adapter).

                                                            6.      DVD/CD-ROM Drives
Fungsinya adalah untuk membaca data dari sebuah Compact Disc (CD). ROM adalah singkatan dari Read Only Memory yang artinya penyimpan data yang hanya bisa dibaca. Jadi CD-ROM hanya bisa digunakan untuk membaca data, tidak dapat digunakan untuk menyimpan data. Namun saat ini, ada alat serupa yang dapat digunakan untuk menulis / menyimpan data ke sebuah CD. Namanya CD-RW (CD Read and Write atau CD baca dan tulis).Cara kerja CD-ROM maupun CD-RW sama dengan cara kerja harddisk atau floppy disk drive. Bedanya, bagian yang diputar adalah kepingan CD. Alat pembacanya juga bukan head magnet tetapi sinar laser yang berkekuatan kecil.

                                                            7.      Human Interface Devices       
Ada dua pilihan untuk menggunakan mouse USB atau USB keyboard – Protokol Boot mandiri (HIDBP) jalan dan cara pengemudi HID berfitur lengkap. Cara Boot Protocol umumnya rendah, dan dokumen ini menggambarkan cara berfitur lengkap. Cara Boot Protokol mungkin cocok untuk embedded system dan sistem lainnya dengan kendala sumber daya dan tidak ada kebutuhan nyata untuk keyboard penuh dan kemampuan mouse.
Penting untuk diingat bahwa driver HID menangani alat-alat (atau sebenarnya mereka antarmuka pada setiap perangkat) yang mengklaim sesuai dengan Human Interface Device (HID) spesifikasi . Namun spesifikasi HID tidak mengatakan apa-apa tentang apa driver HID harus dilakukan dengan informasi yang diterima dari perangkat HID, atau di mana informasi yang dikirimkan ke perangkat datang dari, karena ini jelas tergantung pada perangkat apa yang seharusnya lakukan, dan apa sistem operasi. Linux (pada tingkat sistem operasi kernel) mendukung empat antarmuka untuk perangkat HID – keyboard, mouse, joystick dan antarmuka generik, yang dikenal sebagai antarmuka acara. Ini diimplementasikan oleh tingkat perangkat input.

                                                            8.      IDE ATA/ATAPI Controlle
a.      ATA (Advanced Technology Attachment)
ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda. Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya.
b.      SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec.

c.       IDE (Integrated Drive Electronics)
IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus. Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive

                                                            9.      Images Device
Imaging Device adalah aplikasi pada komputer yang menampilkan output berupa gambar.

                                                        10.      Keyboards
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetikatau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

                                                        11.      Mice And Other Pointing Devices
Peranti penunjuk (bahasa Inggris: pointing device) adalah peranti masukan (lebih spesifiknya, peranti antarmuka manusia) yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data spasial (kontinu dan multidimensi) ke dalam suatu komputer. Sistem CAD dan antarmuka pengguna grafis (GUI) memungkinkan pengguna untuk mengendalikan dan memberikan data kepada komputer dengan menggunakan gestur fisik—tunjuk, klik, dan seret—misalnya dengan menggerakkan tetikus di atas permukaan destop fisik dan mengaktifkan tombol pada tetikus tersebut. Gerakan peranti penunjuk akan diteruskan ke layar dengan bergeraknya penunjuk atau kursor serta berbagai perubahan visual lain.
Peranti penunjuk secara umum dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu yang berdasarkan gerakan objek dan yang berdasarkan sentuhan pada suatu permukaan. Contoh jenis pertama adalah tetikus dan bola jejak (trackball), sedangkan contoh jenis kedua adalah bantalan sentuh(touchpad), tablet grafis (graphics tablet), layar sentuh, dan tuas kontrol.

                                                        12.      Monitors
Monitor adalah suatu tipe data abstrak yang dapat mengatur aktivitas serta penggunaan resource oleh beberapa thread. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.
Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yang bila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja. Monitor komputer juga dijelaskan sebagai Perangkat output yang menampilkan aksara dan/atau image, baik diam atau bergerak, yang diproses/diperintahkan dari CPU melalui media input.

                                                        13.      Network Adapters
Agar komputer bisa terhubung dengan suatu jaringan atau network, berarti komputer tersebut membutuhkan suatu alat khusus. Alat khusus yang dirancang untuk mengubah, mengirim, dan menerima data, dari dan ke jaringan. Alat ini biasa di sebut dengan Network Adapter.
Agar komputer bisa menangkap, mengenali, mengirim, dan menerima data, ke dan dari jaringan tanpa kabel alias wireless network, berarti komputer tersebut membutuhkan Wireless Network Adapter.

                                                        14.      Print Queues
                                          Digunakan untuk antrian print.

                                                        15.      Processors
                                         Processors, berfungsi untuk memproses semua perhitungan yang harus                                                  dilakukan oleh komputer.

                                                        16.      Software Devices
                                         Digunakan untuk pengaturan perangkat lunak.

                                                        17.      Sound,Video and Game Controllers
Sound,video, and game controllers, yaitu: Sound card diperlukan untuk mendengarkan suara hasil olahan komputer, jika Anda ingin merakit komputer maka lebih baik membeli motherboard yang sudah terpasang sound card didalamnya. Kualitas Sound Card banyak dipengaruhi oleh chip DAC(Digital Analog Converter). Untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game, kita perlu VGA yang tinggi kekuatannya

                                                        18.      Storage Controllers
                                        Digunakan untuk penyimpanan controller

                                                        19.      System Devices
System Devices, yaitu sistem yang mengintegrasikan aturan produksi dalam Database Berorientasi Objek aktif (OODB) sistem yang mendukung aturan-event. Aturan produksi yang berguna untuk beberapa tugas sistem database yang aktif, seperti memeriksa integritas kendala, berasal pemeliharaan data, database pemantauan negara.

                                                        20.      Universal Serial Bus Controllers
Universal Serial Bus controllers, berfungsi untuk menyediakan sistem interkoneksi yang sederhana, low-cost, dan mudah digunakan yang dapat megatasi kesulitan karena terbatasnya jumlah port I/O pada suatu komputer. Mengakomodasi karakteristik transfer data skala luas untuk perangkat I/O, termasuk koneksi telepon dan internet.

2.      Remote Setting
a.       Kegunaan Remote Settings
Fasilitas ini berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh yang berada di jaringan, seolah olah komputer yang dikendalikan tersebut berada satu komputer dengan komputer yang sedang Anda gunakan. Tujuan utama dari penggunaan remote desktop ini adalah untuk melakukan proses monitoring ataupun transfer data agar yang lebih akurat dan cepat tanpa harus melakukan aktivitas membuka komputer yang satu dan yang lainnya secara bergantian. Dan biasanya fungsi ini sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

3.      System Protection
System Protection adalah fitur yang secara teratur membuat dan menyimpan informasi tentang file sistem komputer dan pengaturan. System Protection juga menyimpan previous versions dari file yang telah di modifikasi. Menyimpan file-file di restore point dan juga bisa  bekerja secara otomatis menyimpan restore point seperti untuk instalasi program atau perangkat driver baru. System Protection hanya dapat diaktifkan untuk drive yang diformat menggunakan sistem file NTFS.
4.      Advanced System Settings
a.      Performance : Digunakan untuk mengatur efek visual,penjadwalan prosesor,memori
penyimpanan dan memori virtual
b.      User Profile : Pengaturan desktop untuk log on user
c.       Startup And Recovery : Pemulihan jika terjadi kegagalan / kerusakan pada system
d.      Environment variables : Digunakan untuk mengatur variabel data
e.       Visual Effect : Pengaturan yang  digunakan untuk penampilan dan kinerja windows di komputer
f.       Processor Scheduling :  Digunakan untuk memilih bagaimana mengalokasikan sumber daya prosesor
g.      Virtual Memory :  Digunakan untuk mengatur ukuran file paging untuk setiap drive
h.      Data Execution Prevention : Digunakan untuk mencegah eksekusi data dan membantu melindungi terhadap kerusakan dari ancaman virus dan keamanan lainnya





Sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat J..

0 comments:

Post a Comment