Thursday, January 18, 2018

Tutorial Cara Melimit Waktu User pada Mikrotik dengan Menggunakan Winbox



Tutorial cara melimit waktu user pada Mikrotik,sebelumya ketika anda mensetting hotspot mikrotik pasti ingin memberikan batas waktu pada client untuk tersambung ke dalam hotspot yang anda buat, dan biasanya anda kurang tau cara untuk melimit waktu user atau anda sudah mencoba tetapi gagal kali ini saya akan memberikan sedikit cara untuk melimit waktu user.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melimit user bisa menggunakan usermanager atau bisa langsung mensetting Mikrotik melalui Winbox. Dan saya akan menjelaskan cara untuk melimit pada Mikrotik menggunakan Winbox. Mari anda simak tutorial berikut ini :

Yang pertama kita masuk kedalam Winbox dan masuk ke IP > Hotspot

Kemudian masuk ke menu User, tambahkan user baru yang akan disetting limit waktunya dengan cara klik tanda + pada pojok kiri atas

Kemudian isi kolom kolom user

Server      :digunakan untuk mengarahkan ke mana user akan digunakan. Contoh saya mengisi dengan hotspot1 artinya saya mengarahkan user hanya pada server hotspot dengan nama hotspot1
Name       : nama untuk user baru yang akan dibuat. Contoh nama user saya adalah hanif
Password : password untuk user yang akan dibuat
Kemudian anda klik Limit, dan isi pada kolom Limit Uptime, waktu yang ingin anda limit untuk user yang akan anda buat dengan format jam:menit:detik. Contoh saya melimit waktu user saya hanya satu menit. Kemudian klik Apply dan OK

Selanjutnya cek settingan anda, masuk ke dalam tampilan web login hotspot anda dan silahkan anda masuk dengan menggunakan user dan password yang telah anda buat.

Dan setelah masuk lihat pada kolom connected / left  disana tertera waktu tersambung dan waktu akan terputus. Seperti contoh waktu tersambung saya 0 detik dan waktu untuk terputus 1 menit. Artinya saya akan terputus pada 1 menit lagi.

 Note: user yang telah digunakan dan limit waktunya telah habis maka tidak bisa digunakan lagi harus login dengan menggunakan user baru. 
Itulah cara untuk melimit penggunaan waktu user. Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat....

1 comment: